Jumat, 18 Mei 2012

MotoGP Rem


Rem
Sepeda Motor harus memiliki minimal satu rem pada setiap roda yang independen dioperasikan. Dalam kelas Moto3 dan Moto2, cakram rem hanya dari bahan besi yang diperbolehkan. Di kelas MotoGP, rem cakram karbon mungkin diameter maksimum 320mm dan hanya 2 pilihan standar massa disk diijinkan. Sebagai pengecualian untuk musim 2012 saja, mesin dimasukkan oleh tim CRT diijinkan untuk menggunakan rem cakram karbon dari ukuran lain.
Satu set dapat diandalkan rem sangat berguna ketika Anda mencoba untuk memenangkan perlombaan pada sepeda yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih dari 340 km / jam.
Sementara ban berubah dari sesi ke sesi, rem dapat diganti jika rusak atau menjadi basah - meskipun mereka merupakan elemen yang lebih permanen dari gudang senjata pengendara dan sama pentingnya dalam memungkinkan dia untuk mengambil sudut pada kecepatan optimal dan sudut.
Pola pengereman, dalam ukuran yang sama dengan percepatan murni, mendikte bagaimana ras yang menang dan kalah sebagai keterampilan pengendara dan keandalan rem memungkinkan dia untuk menjalankan 'garis ras' tercepat dan mengakali lawan-lawannya.
POJOK KECEPATAN
Kecepatan sudut penting bagi keberhasilan di MotoGP: Jika pengendara dapat menerapkan rem kemudian dan pada kecepatan yang lebih tinggi dari pesaing sesama, ia dapat menyalip orang di depannya dan lap lebih cepat dari sisa grid.
Rem depan akhir melakukan sebagian besar pekerjaan 'berhenti', dengan pengendara mengendalikan menikung mereka terutama melalui ban terkemuka dan sebanyak 90% dari berat motor ditransfer melalui roda depan sebagai rem yang diterapkan. Oleh karena itu tidak jarang melihat roda belakang meninggalkan tanah (ikan-tailing) dan roda belakang dan rem kurang berbuat banyak untuk membimbing sepeda sedangkan rem depan sedang digunakan.
ATAU BAJA KARBON
Tim MotoGP menggunakan rem cakram pada racebikes mereka, teknologi yang pertama kali muncul di tahun 1970 dan telah dikembangkan sejak itu. Versi awal dari disk ini adalah baja saja dan tidak bekerja dengan baik dalam kondisi hujan, tetapi kemudian dikembangkan untuk menghasilkan progresif pengereman baik di basah dan kering.
Sekarang, sebaliknya, rem cakram baja yang digunakan oleh tim-tim MotoGP hanya dalam basah karena mereka memiliki solusi yang lebih modern dan efisien untuk digunakan pada trek kering - rem karbon.
Manfaat dari cakram karbon adalah bahwa mereka berat 750g 800g untuk untuk diameter yang sama dengan 1.200 g mereka untuk 1.600 baja cakram g rekan-rekan. Angka-angka ini mungkin tampak sepele tapi di mana tepi teknologi balap pemotongan menyangkut kilo setengah segera bertambah.
Rem cakram terdiri dari cakram yang dipasang di roda dan kaliper yang terpasang garpu dan membawa bantalan. Bantalan melakukan kontak dengan disk dan memperlambat perputaran roda ketika pengendara menerapkan rem. Pengendara mengoperasikan rem melalui tuas stang dipasang standar, tapi ibu jari kaki atau kiri dikendalikan rem belakang juga digunakan.
BERAT PENGHEMATAN
Dengan rem karbon, cakram, kaliper dan bantalan adalah semua sistem disk lebih ringan dan kembar, dengan disk pada setiap sisi roda, yang umum - sehingga dalam cakram karbon total dapat menyimpan lebih dari dua kilo keseluruhan.
Kurang berat berarti inersia kurang, yang mengurangi 'gyroscopic' efek yang dapat menangkal upaya pengendara untuk mendapatkan sepeda untuk mengubah arah. Ini pada dasarnya berarti cakram karbon membuatnya lebih mudah untuk mengubah arah saat roda, terutama roda depan, lebih ringan ketika telah dilengkapi rem karbon.
Cakram karbon juga dapat menawarkan sedikit perbaikan dalam pengereman kinerja dan konsistensi dibandingkan dengan sistem baja. Begitu mereka mencapai optimal pengereman cakram suhu karbon harus merasakan hal yang sama untuk pengendara di lap 25 seperti yang mereka lakukan di lap 2, tapi dengan cakram baja perasaan pengendara memiliki perubahan selama perlombaan.
Meskipun cakram karbon lebih ringan karena itu lebih baik untuk alternatif baja mereka ketika mereka bekerja dengan benar, mereka adalah suhu jauh lebih sensitif. Fungsi mereka hampir tidak ada sampai disc dan bantalan yang dipanaskan sampai suhu operasi mereka premium, dan sementara mereka panas dengan cepat, hati-hati pengendara dibutuhkan selama penampakan dan pemanasan lap, dan bahkan pasangan pertama dari sudut berlomba.
CUACA
Jika cuaca kering dan dingin, atau jika sepeda yang digunakan di jalur cepat di mana rem tidak diterapkan secara teratur, disk dapat didinginkan oleh aliran udara sangat panas sehingga kafan dapat dipasang untuk membantu mereka mempertahankan tingkat panas.
Tapi dengan air yang terlibat itu adalah cerita yang berbeda, seperti cakram karbon tidak akan mencapai suhu operasi mereka dan karena itu akan berhenti berfungsi dengan benar dalam kondisi basah.
Solusi dalam hal ini adalah untuk menggunakan cakram baja dan ini juga memerlukan kaliper berbeda dan bantalan yang berarti lebih berat - dan perubahan untuk sepeda harus dibuat dalam jangka waktu tertekan sehingga bagian harus mudah dilepas.
Rem karbon yang tidak murah, terutama karena mereka memerlukan waktu tiga sampai enam bulan untuk membuat karena mereka harus menjadi 'matang' dan dibangun perlahan-lahan - yang dikombinasikan dengan keterbatasan mereka dalam hujan berarti mereka jarang digunakan pada sepeda jalan produksi.
GESEKAN
Satu-satunya cara untuk mencapai maksimum pengereman dan belok efisiensi adalah untuk beberapa pekerjaan disk dengan gesekan. Setelah menerapkan rem, ban ditekan melawan trek, efektif meningkatkan area kontak dengan aspal dan pada gilirannya meningkatkan jumlah gesekan atau kekuatan menghentikan yang sedang diterapkan. Jika pengendara dapat melakukan hal ini terlambat di sudut, sebagai dekat dengan apeks mungkin, ia menghabiskan lebih sedikit waktu melambat dan mencapai titik di mana ia dapat mempercepat keluar dari tikungan lebih cepat dari lawan-lawannya.
MANUFACTURERS
Rem yang digunakan di MotoGP diproduksi oleh dua perusahaan, Brembo dan Nissin, dan setiap set rem cakram biaya beberapa ribu euro. Untungnya bagi tim MotoGP sepeda hanya mungkin memerlukan cakram karbon enam sampai delapan per musim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar