Rem
Sepeda Motor
harus memiliki minimal satu rem pada setiap roda yang independen dioperasikan.
Dalam kelas Moto3 dan Moto2, cakram rem hanya dari bahan besi yang
diperbolehkan. Di kelas MotoGP, rem cakram karbon mungkin diameter maksimum
320mm dan hanya 2 pilihan standar massa disk diijinkan. Sebagai pengecualian
untuk musim 2012 saja, mesin dimasukkan oleh tim CRT diijinkan untuk
menggunakan rem cakram karbon dari ukuran lain.
Satu set
dapat diandalkan rem sangat berguna ketika Anda mencoba untuk memenangkan
perlombaan pada sepeda yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih
dari 340 km / jam.
Sementara
ban berubah dari sesi ke sesi, rem dapat diganti jika rusak atau menjadi basah
- meskipun mereka merupakan elemen yang lebih permanen dari gudang senjata
pengendara dan sama pentingnya dalam memungkinkan dia untuk mengambil sudut
pada kecepatan optimal dan sudut.
Pola
pengereman, dalam ukuran yang sama dengan percepatan murni, mendikte bagaimana
ras yang menang dan kalah sebagai keterampilan pengendara dan keandalan rem
memungkinkan dia untuk menjalankan 'garis ras' tercepat dan mengakali
lawan-lawannya.
POJOK KECEPATAN
Kecepatan
sudut penting bagi keberhasilan di MotoGP: Jika pengendara dapat menerapkan rem
kemudian dan pada kecepatan yang lebih tinggi dari pesaing sesama, ia dapat
menyalip orang di depannya dan lap lebih cepat dari sisa grid.
Rem depan
akhir melakukan sebagian besar pekerjaan 'berhenti', dengan pengendara
mengendalikan menikung mereka terutama melalui ban terkemuka dan sebanyak 90%
dari berat motor ditransfer melalui roda depan sebagai rem yang diterapkan.
Oleh karena itu tidak jarang melihat roda belakang meninggalkan tanah
(ikan-tailing) dan roda belakang dan rem kurang berbuat banyak untuk membimbing
sepeda sedangkan rem depan sedang digunakan.
ATAU BAJA KARBON
Tim MotoGP
menggunakan rem cakram pada racebikes mereka, teknologi yang pertama kali
muncul di tahun 1970 dan telah dikembangkan sejak itu. Versi awal dari disk ini
adalah baja saja dan tidak bekerja dengan baik dalam kondisi hujan, tetapi
kemudian dikembangkan untuk menghasilkan progresif pengereman baik di basah dan
kering.
Sekarang,
sebaliknya, rem cakram baja yang digunakan oleh tim-tim MotoGP hanya dalam
basah karena mereka memiliki solusi yang lebih modern dan efisien untuk
digunakan pada trek kering - rem karbon.
Manfaat dari
cakram karbon adalah bahwa mereka berat 750g 800g untuk untuk diameter yang
sama dengan 1.200 g mereka untuk 1.600 baja cakram g rekan-rekan. Angka-angka
ini mungkin tampak sepele tapi di mana tepi teknologi balap pemotongan
menyangkut kilo setengah segera bertambah.
Rem cakram
terdiri dari cakram yang dipasang di roda dan kaliper yang terpasang garpu dan
membawa bantalan. Bantalan melakukan kontak dengan disk dan memperlambat
perputaran roda ketika pengendara menerapkan rem. Pengendara mengoperasikan rem
melalui tuas stang dipasang standar, tapi ibu jari kaki atau kiri dikendalikan
rem belakang juga digunakan.
BERAT PENGHEMATAN
Dengan rem
karbon, cakram, kaliper dan bantalan adalah semua sistem disk lebih ringan dan
kembar, dengan disk pada setiap sisi roda, yang umum - sehingga dalam cakram
karbon total dapat menyimpan lebih dari dua kilo keseluruhan.
Kurang berat
berarti inersia kurang, yang mengurangi 'gyroscopic' efek yang dapat menangkal
upaya pengendara untuk mendapatkan sepeda untuk mengubah arah. Ini pada
dasarnya berarti cakram karbon membuatnya lebih mudah untuk mengubah arah saat
roda, terutama roda depan, lebih ringan ketika telah dilengkapi rem karbon.
Cakram
karbon juga dapat menawarkan sedikit perbaikan dalam pengereman kinerja dan
konsistensi dibandingkan dengan sistem baja. Begitu mereka mencapai optimal
pengereman cakram suhu karbon harus merasakan hal yang sama untuk pengendara di
lap 25 seperti yang mereka lakukan di lap 2, tapi dengan cakram baja perasaan
pengendara memiliki perubahan selama perlombaan.
Meskipun
cakram karbon lebih ringan karena itu lebih baik untuk alternatif baja mereka
ketika mereka bekerja dengan benar, mereka adalah suhu jauh lebih sensitif.
Fungsi mereka hampir tidak ada sampai disc dan bantalan yang dipanaskan sampai
suhu operasi mereka premium, dan sementara mereka panas dengan cepat, hati-hati
pengendara dibutuhkan selama penampakan dan pemanasan lap, dan bahkan pasangan
pertama dari sudut berlomba.
CUACA
Jika cuaca
kering dan dingin, atau jika sepeda yang digunakan di jalur cepat di mana rem
tidak diterapkan secara teratur, disk dapat didinginkan oleh aliran udara
sangat panas sehingga kafan dapat dipasang untuk membantu mereka mempertahankan
tingkat panas.
Tapi dengan
air yang terlibat itu adalah cerita yang berbeda, seperti cakram karbon tidak
akan mencapai suhu operasi mereka dan karena itu akan berhenti berfungsi dengan
benar dalam kondisi basah.
Solusi dalam
hal ini adalah untuk menggunakan cakram baja dan ini juga memerlukan kaliper
berbeda dan bantalan yang berarti lebih berat - dan perubahan untuk sepeda
harus dibuat dalam jangka waktu tertekan sehingga bagian harus mudah dilepas.
Rem karbon
yang tidak murah, terutama karena mereka memerlukan waktu tiga sampai enam
bulan untuk membuat karena mereka harus menjadi 'matang' dan dibangun
perlahan-lahan - yang dikombinasikan dengan keterbatasan mereka dalam hujan
berarti mereka jarang digunakan pada sepeda jalan produksi.
GESEKAN
Satu-satunya
cara untuk mencapai maksimum pengereman dan belok efisiensi adalah untuk
beberapa pekerjaan disk dengan gesekan. Setelah menerapkan rem, ban ditekan
melawan trek, efektif meningkatkan area kontak dengan aspal dan pada gilirannya
meningkatkan jumlah gesekan atau kekuatan menghentikan yang sedang diterapkan.
Jika pengendara dapat melakukan hal ini terlambat di sudut, sebagai dekat
dengan apeks mungkin, ia menghabiskan lebih sedikit waktu melambat dan mencapai
titik di mana ia dapat mempercepat keluar dari tikungan lebih cepat dari
lawan-lawannya.
MANUFACTURERS
Rem yang digunakan di MotoGP diproduksi oleh dua
perusahaan, Brembo dan Nissin, dan setiap set rem cakram biaya beberapa ribu
euro. Untungnya bagi tim MotoGP sepeda hanya mungkin memerlukan cakram karbon
enam sampai delapan per musim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar