Glosarium
Olah raga
MotoGP memiliki bahasa sendiri yang unik, memanfaatkan potongan tertentu dari
terminologi dibagi dengan olahraga motor lainnya dan beberapa frasa tertentu
milik dunia balap sepeda motor. Di sini, motogp.com memandu Anda melalui
beberapa kata dan frase umum digunakan di MotoGP.
Puncak
Para ketat
titik di sudut, yang biasanya pengendara mengendarai melalui sebelum ia mulai
keluar, mempercepat pergi.
Pengereman Marker
Titik fisik
yang pengendara menggunakan untuk menilai mana ia harus mulai pengereman saat
ia memasuki sudut. Ini bisa menjadi pohon, papan iklan, tanda di trek atau
fitur pembeda lainnya yang menggunakan pengendara untuk membimbing pola nya
pengereman.
Ketidakjujuran
Satu bagian
dari jalur dengan dua sudut dalam suksesi dekat arah yang berlawanan. Sebuah
petenis kidal asal diikuti dengan hander kanan atau sebaliknya, yang terlihat
seperti sebuah 'S' dari pandangan mata burung.
Senyawa
Jenis karet
/ campuran karet yang digunakan dalam ban.
CRT
Mengklaim
Tim Aturan. Dari tahun 2012, tim tidak dimasukkan oleh salah satu produsen
utama dapat mencari status CRT. Tim dimasukkan sebagai CRT akan mendapatkan
keuntungan dari aturan yang kurang ketat pada jumlah mesin yang dapat digunakan
dalam satu musim, dan tunjangan bahan bakar selama lomba lebih besar. Di bawah
"Aturan Mengklaim", tim operasi dalam status CRT setuju untuk
mengizinkan hingga empat mesin mereka per musim untuk diklaim, setelah
perlombaan, oleh salah satu tim produsen utama dengan biaya sebesar € 20.000
masing-masing termasuk transmisi, atau € 15.000 masing-masing untuk mesin saja.
Batu tepi jalan
Terutama
dicat dengan dua warna dan sering menampilkan mencolok pada, atau sesudah
sudut, batu tepi jalan yang menandai sisi trek balap dan membantu untuk memandu
pengendara.
Pemindahan
Kapasitas
atau ukuran mesin sepeda, biasanya dikutip dalam sentimeter kubik (cc),
misalnya 1000cc, 600cc atau 250cc.
Kering Ras
Sebuah ras
dimana permukaan trek dianggap kering oleh Race Direction, sebagai lawan basah.
Dalam sebuah tim balap kering akan berjalan ban slick pada sepeda motor mereka.
Lihat bagian kunci Aturan untuk lebih jelasnya.
Dorna
Dorna Sports
merupakan perusahaan yang mengadministrasikan MotoGP. Lihat bagian Badan
Pengurus untuk lebih jelasnya.
Dirt pelacakan
Selama beberapa
tahun MotoGP pembalap dari Amerika Serikat, termasuk 2006 Juara Dunia Nicky
Hayden, memiliki latar belakang mereka balap di kejuaraan kotoran regional dan
nasional jalur. Balap berlangsung pada permukaan berlumpur dibandingkan dengan
aspal.
Endo
Sebuah trik
yang melibatkan menghentikan sepeda tiba-tiba mengangkat roda belakang dari
tanah. Kebalikan dari wheelie, kadang-kadang juga disebut stoppie a.
Esses
A, referensi
sehari-hari fonetik untuk sebuah chicane, karena sering mereka 'S' penampilan
berbentuk.
Hadiah
Bagian luar
tubuh sepeda balap yang melindungi baik mesin dan pembalap dari puing-puing dan
hembusan angin. Fairings dihiasi dengan warna tim, logo sponsor dan nomor ras.
FIM
Federation
Internationale de Motorcyclisme adalah badan dari semua olahraga sepeda motor
di seluruh dunia. Lihat bagian Badan Pengurus untuk lebih jelasnya.
Gas
Throttle
atau percepatan. Adalah umum untuk mendengar pengendara mengatakan 'saya
membuka gas', atau 'saya berikan beberapa gas.
GP (Grand Prix)
Sebuah
peristiwa balap yang berlangsung tiga hari, yang melibatkan tiga kelas MotoGP,
MotoGP, Moto2 dan Moto3. Grand Prix akhir pekan terdiri dari dua hari latihan
dan kualifikasi, diikuti oleh pemanasan dan ras di setiap kelas pada hari
terakhir. Saat ini ada 18 Grand Prix MotoGP ™ kalender.
Kisi
Pengumpulan
titik awal pada awal / finish lurus di jalur, di mana pengendara berkumpul di
awal setiap perlombaan, berbaris dalam posisi di mana mereka telah memenuhi
syarat untuk memulai.
Jepit rambut
Sebuah sudut
yang sangat ketat yang harus diambil perlahan dan sering muncul berbentuk U
atau V-berbentuk.
Tinggi Side
Sebuah
kecelakaan di mana roda belakang sepeda digeser keluar dari bawah pengendara -
sehingga ia pada dasarnya adalah di sudut kanan ke racing line nya (arah di
mana ia akan) - dan kemudian mendapatkan kembali pegangan, yang membalik sepeda
dan pengendara lebih.
Lubang-shot
Mengambil
lubang-shot berarti memimpin balapan di tikungan pertama.
Homologasi
Para
homologasi dari trek dan sepeda yang digunakan di MotoGP adalah balap proses
persetujuan dilakukan oleh FIM dan komite yang terkait.
IRTA
Jalan-Racing
Internasional Asosiasi Tim mewakili semua Grand Prix tim. Lihat bagian Badan
Pengurus untuk lebih jelasnya.
Rendah Side
Sebuah
kecelakaan dimana roda belakang atau kedua roda sepeda kehilangan pegangan dan
tidak mendapatkan kembali traksi, sehingga sepeda motor tergelincir keluar dari
bawah pengendara.
Ramping sudut
Sudut
ramping mengacu pada tingkat di mana seorang pengendara sepeda miring ke trek
saat ia sudut pada kecepatan tinggi. Lutut pengendara dan siku sering dapat
menyentuh tanah pada sudut kemiringan yang maksimum.
Waktu-hander
Cukup pojok
kiri, di mana 'bergantian' pengendara pergi, bersandar sisi kiri sepeda dan
tubuhnya ke tanah.
MSMA
Asosiasi
Olah Raga Sepeda Motor Produsen 'mewakili kepentingan semua konstruktor
terlibat dalam balap sepeda motor. Lihat bagian Badan Pengurus untuk lebih
jelasnya.
Onboard
Sebuah
'onboard' adalah kamera televisi yang dibawa oleh sepeda MotoGP yang memberikan
kesan bagaimana rasanya terlibat dalam aksi di jalur.
Parc Ferme
Ditunjuk
area pit lane di mana podium finishers (pertama tiga) dalam setiap kategori
diwawancarai oleh kru televisi segera setelah setiap perlombaan (Lihat 'Pada
rangkaian' bagian untuk rincian lebih lanjut).
Paddock
Daerah yang
berdekatan dengan lubang-kotak pada sisi yang berlawanan untuk pit lane di mana
tim dan stasiun pengendara motorhomes dan peralatan selama Grand Prix (Lihat
'Pada rangkaian' bagian untuk rincian lebih lanjut).
Pit-kotak
Sebuah
garasi sementara dengan akses langsung ke pit lane, masing-masing yang ditunjuk
untuk tim berpartisipasi dalam salah satu dari tiga balapan MotoGP (Lihat 'Pada
rangkaian' bagian untuk rincian lebih lanjut).
Pit Kru
Manajemen
tim, mekanik dan asisten mereka.
Pit lane
Sebuah jalur
akses yang biasanya berbatasan langsung dengan lurus utama di trek dan
digunakan untuk pergi antara kotak-pit dan sirkuit (Lihat 'Pada rangkaian'
bagian untuk rincian lebih lanjut).
Mimbar
Tiga pertama
finishers dalam setiap perlombaan Grand Prix menerima trofi mereka di podium
kemenangan (Lihat 'Pada rangkaian' bagian untuk rincian lebih lanjut).
Kutub posisi atau tiang
Mengacu
mengamankan tempat awal pertama untuk balapan di grid dan dijamin dengan lap
tercepat di babak kualifikasi.
Kualifikasi
Ada satu
sesi kualifikasi pada hari sebelum balapan di ketiga kelas, MotoGP, Moto2 dan
Moto3. Pembalap memulai lomba di urutan di mana mereka memiliki kualifikasi,
yang berarti bahwa pengendara dengan waktu tercepat kualifikasi dimulai di
tempat pertama atau pole position, yang tercepat kedua di tempat kedua dan
seterusnya.
Ras Arah
Perwakilan
dari Dorna, IRTA ini FIM dan membentuk tim Race Direction pada setiap Grand
Prix, membuat keputusan seperti menyatakan kondisi balapan kering atau basah.
Lihat bagian Badan Pengurus untuk lebih jelasnya.
Melalui Naik
Perjalanan
Melalui prosedur adalah hukuman dimana pengendara diminta untuk naik melalui
pit lane dan dapat dikenakan jika, misalnya, ia melompat dimulai sebelum lomba
telah resmi dimulai. Lihat bagian kunci Aturan untuk lebih jelasnya.
Kanan hander
Sebuah sudut
kanan, di mana benar 'bergantian' pengendara, bersandar sisi kanan sepeda dan
tubuhnya ke tanah.
Calon
Seorang
pengendara bersaing di tahun pertama penuh di salah satu dari tiga kategori
balap Grand Prix disebut sebagai pemula.
Mimbar
Nama lain
untuk podium.
Scrutineering
Sebuah
MotoGP istilah untuk pemeriksaan atau inspeksi. Scrutineers bertanggung jawab
untuk memeriksa bahwa semua peserta MotoGP mematuhi aturan.
Slipstream
Untuk
menanamkan pengendara lain adalah dengan mengikutinya pada lurus dan
menggunakan aliran udara di sekitarnya dan mesin untuk keuntungan Anda, dengan
membangun momentum untuk menyalip dia di daerah tekanan rendah di belakangnya.
Slicks
Ban dengan
tapak tidak khusus dirancang untuk digunakan dalam balap jalanan dan terbuat
dari kompon lunak, yang memberikan pegangan yang cukup tanpa memperlambat
sepeda ke bawah.
Swingarm
Bagian
belakang sepeda ke mana roda belakang sudah terpasang adalah swingarm. Bergerak
naik turun dengan suspensi belakang.
Topping kartu absen yang
Mengacu
mencatat waktu tercepat dalam latihan atau sesi kualifikasi.
Tirus dinding
Kumpulan ban
ditumpuk digunakan sebagai penghalang kecelakaan untuk mengurangi kerusakan dan
cedera pada dampak.
Basah Ras
Sebuah ras
di mana kondisi iklim yang mempengaruhi permukaan trek dianggap basah, sebagai
lawan kering. Lihat bagian kunci Aturan untuk lebih jelasnya.
Wheelie
Sebuah aksi
sering dilakukan dalam perayaan oleh pengendara, di mana roda depan sepeda
motor yang diangkat dari tanah sebagai akibat dari percepatan keras dan rilis
cepat kopling.
Liar kartu
Pengendara Unsigned yang dimasukkan untuk satu kali
balapan, karena bertentangan dengan pesaing biasa. Lihat bagian Liar kartu
untuk lebih jelasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar