Bahan bakar
Bahan bakar
ini tentu saja penting untuk setiap sepeda di grid MotoGP dalam ukuran yang
sama sehingga tim MotoGP bekerja sama dengan pemasok bahan bakar mereka untuk
memastikan bahwa mereka membawa persis tepat jenis bahan bakar dan tentu saja,
persis jumlah yang tepat. Semua sepeda motor harus didorong dengan bensin tanpa
timbal.
Perusahaan
seperti Elf, Shell, Repsol dan eni memasok tim dengan bahan bakar dan pencarian
kekal mereka adalah kinerja tertinggi mungkin pada tingkat terendah berat badan
dan konsumsi.
ERA BARU
Pada tahun
2002, untuk tujuan keamanan meningkat, perubahan peraturan yang berkaitan
dengan berat badan, bahan bakar yang tersedia dan kapasitas mesin
diperkenalkan. Mengurangi jumlah bahan bakar yang tersedia melalui jarak ras
membutuhkan mesin untuk menjalankan lebih efisien, sehingga memerintah dalam
kekuasaan. Sebuah peraturan yang memungkinkan maksimum 26 liter diperkenalkan
pada tahun 2004, dengan nomor bertahap menurunkan sepanjang dekade. Kapasitas
tangki bahan bakar berkurang menjadi 24 liter pada 2005, dan dikurangi dengan 2
liter lebih lanjut menjadi 22 pada tahun 2006. Dari 2007 dan seterusnya FIM
diatur bahwa mesin dibatasi kapasitas bahan bakar maksimum 21 liter di kelas
MotoGP dengan pengecualian berpartisipasi tim CRT yang diperbolehkan 2 liter
lebih bahan bakar dari tim pabrik.
Races
panjangnya bervariasi dari sirkuit ke sirkuit, dan tuntutan trek tertentu bisa
berarti bahwa itu menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih tinggi untuk sepeda
dari trek yang lain dengan panjang yang sama. Tim bisa mengukur berapa banyak
bahan bakar yang mereka gunakan saat kualifikasi dan sesi latihan bebas untuk
memastikan bahwa hanya jumlah yang tepat adalah di dalam tangki saat balapan
dimulai - karena tentu saja membawa bahan bakar yang tidak perlu bisa berarti
sepersekian detik yang kehilangan perlombaan.
Dalam
kualifikasi, waktu tercepat sering terletak tepat di akhir sesi ketika
pengendara sepenuhnya hangat-up, ban rekannya memberinya pegangan maksimum dan
- telah dikosongkan sebagian besar tangki - beban bahan bakar lebih ringan
memungkinkan dia untuk putaran sebagai secepat mungkin.
Bahan Bakar
secara khusus diproduksi oleh perusahaan bahan bakar berbagai dan sangat tepat
disesuaikan untuk balap. Produk akhir hanya sedikit berbeda dengan jenis bahan
bakar yang digunakan oleh masyarakat umum, tetapi harus disetujui untuk
digunakan oleh FIM.
Komponen
adalah 99% sama dengan jalan bahan bakar, tetapi pemasok dapat mengubah tingkat
ratusan berbagai komponen bahan bakar yang terdiri untuk memastikan mereka
menggunakan persis hak campuran anti-oksidan, deterjen, pengubah gesekan dan
sebagainya untuk meningkatkan efisiensi.
PELUMAS
Selain bahan
bakar, pelumas pemasok menyediakan tim dengan minyak ras mesin dimodifikasi,
untuk melumasi dan karena itu mengurangi gesekan, yang menghasilkan penghematan
bahan bakar. Hal ini pada gilirannya berarti motor dapat membawa jumlah minimal
bahan bakar.
Pelumas MotoGP didasarkan pada standar produk,
seperti bahan bakar, meskipun produk balap bervariasi lebih dengan pelumas
dibandingkan dengan bahan bakar. Minyak harus melumasi bagian mesin berputar,
gearbox yang terus bergerak komponen dan tentu saja kopling itu sendiri, yang
pasti semua sangat panas di jalur. Pelumas yang lebih efisien adalah lebih
sedikit bahan bakar yang dikonsumsi dan semakin baik sepeda melakukan,
memberikan penunggangnya kesempatan lebih besar untuk kemenangan.
masa motogp masih pake bensin sih....
BalasHapusmiskin banget
Bensin kan ada jenisnya: pertamax dan premium. Jika berpandangan bensin itu premium, salah besar kita coooeeee.
HapusPake bensin kan murah,,lumayan sisa uang bensin bisa beli bombon
BalasHapushahhhhh bensin. ri sugan pertamax plus
BalasHapusBensin yang gimana tuh?
BalasHapusMINYAK LAMPU HAHAHAHAHA
BalasHapus