Pengujian
Pengujian
mesin MotoGP adalah bagian mutlak penting dari proses persiapan tim yang
terlibat dalam ketiga kategori MotoGP.
Sesi tes
dijadwalkan pada sirkuit yang ditunjuk di berbagai belahan dunia memungkinkan
tim untuk menguji mesin baru, mengumpulkan data kinerja penting, mengumpulkan
informasi tentang tempat-tempat tertentu, mencoba ban baru, melakukan simulasi
ras, mencoba baru set-up dan menyelesaikan masalah dengan mesin yang ada .
Untuk
pengendara, tes juga memungkinkan mereka untuk menjadi terbiasa dengan mesin
baru, mendapatkan pengalaman mengendarai di tempat yang ditunjuk, meningkatkan
atau mempertahankan tingkat kebugaran dan membiasakan diri dengan rekan-rekan
baru jika mereka baru saja pindah ke tim baru.
WINTER PENGUJIAN
Selain hari
uji setelah Portugis, Catalunya, Italia dan Ceko Grand Prix, musim dingin
`'adalah periode pengujian penting bagi tim. Ada larangan hampir dua bulan
panjang pada setiap pengujian on-track untuk bulan Desember dan sebagian besar
Januari, tapi bulan November dan Februari adalah periode penting bagi
pengembangan MotoGP.
Valencia
(setelah balapan terakhir tahun ini), Sepang (Malaysia) dan Jerez di selatan
Spanyol adalah tempat tes reguler, menyediakan berbagai tantangan dan tuntutan
untuk pengendara.
Memang
pemilihan tempat pengujian oleh IRTA dan Dorna (lihat bagian Badan Pengurus)
dirancang untuk memberikan tim dan pemasok ban variasi serba baik dalam hal
layout trek dan lokasi yang dimaksudkan untuk memberikan yang jelas, cuaca
kering - sebagai hujan terhalang berjalan praktek umumnya tidak berguna untuk
tim sebagai sesi kering.
PERATURAN
Peraturan
penting berikut berlaku untuk pengujian:
Musim
`'didefinisikan sebagai periode yang dimulai 13 hari sebelum balapan pertama
tahun ini dan berakhir empat hari setelah balapan terakhir tahun ini, kedua
tanggal menjadi inklusif. Musim tersebut tidak termasuk `Breaks '. Istirahat
didefinisikan sebagai dua berturut-turut minggu-berakhir di mana peristiwa
tidak dijadwalkan. Masa Istirahat meluas dari 09h00 pada hari keempat setelah
Grand Prix sampai Grand Prix berikut.
The Winter
`'didefinisikan sebagai sisa tahun, yaitu mulai lima hari setelah balapan
terakhir musim ini dan berakhir 14 hari sebelum balapan pertama musim
berikutnya, kedua tanggal menjadi inklusif. Musim dingin tersebut tidak
termasuk Jeda `'. Jeda adalah masa dimulai pada 1 Desember dari satu tahun dan
akhir pada Januari 31 tahun berikutnya, kedua tanggal menjadi inklusif.
Praktek
dengan mesin memenuhi syarat untuk kelas MotoGP dilarang:
- i) Selama Musim `'pada setiap sirkuit termasuk dalam Grand Prix kalender tahun berjalan dengan pengecualian berikut:
- a) Praktek termasuk dalam jadwal Acara.
- b) Setiap kegiatan disahkan oleh Race Direction.
- c) Produsen dan konstruktor yang memasok mesin untuk kelas MotoGP mungkin, sebelum tanggal 31 Januari setiap tahun, merancang dan menginformasikan Race Direction satu Grand Prix sebagai rangkaian pengujian mereka di mana mereka dapat berlatih selama Musim dan selama Breaks dengan MotoGP mesin kelas mereka selama maksimal 30 hari atau bagian daripadanya, tapi tidak dengan penunggangnya yang ditunjuk atau dengan pengendara yang ditunjuk oleh tim lain dan bukan sebagai dari 14 hari sebelum perlombaan dijadwalkan untuk sirkuit. Jadwal tes tersebut dan setiap perubahan selanjutnya harus diberitahukan kepada Race Direction.
- ii) Selama Musim Dingin `'di setiap sirkuit dengan pengecualian berikut:
- a) Pada maksimal tujuh tes resmi yang diselenggarakan oleh Dorna / IRTA di sirkuit Grand Prix termasuk dalam kalender tahun sebelumnya atau berikutnya, setiap tes menjadi maksimal durasi tiga hari.
- b) Pada setiap sirkuit tidak termasuk dalam Grand Prix kalender dari tahun sebelumnya atau berikutnya.
- c) Produsen dan konstruktor yang memasok mesin untuk kelas MotoGP mungkin, sebelum kesimpulan dari acara terakhir dari setiap tahun, merancang dan menginformasikan Race Direction satu Grand Prix sebagai rangkaian pengujian mereka di mana mereka dapat berlatih selama musim dingin dengan mereka MotoGP kelas mesin setiap saat, tidak termasuk selama Jeda.
- d) Selain itu, selama musim dingin, tidak ada pengendara tunggal dapat berpartisipasi dalam lebih dari delapan tes, masing-masing maksimal tiga hari, pada setiap sirkuit.
Pembatasan
praktek serupa juga ada untuk kelas Moto3 dan Moto2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar