Pemahaman
tentang beberapa aturan dasar MotoGP World Championship balap menambah
kenyamanan dari setiap penampil menonton Grand Prix, apakah Anda berada di
jalur yang secara langsung atau apakah Anda adalah salah satu dari jutaan
menjaga dengan aksi di televisi.
Sebuah
daftar lengkap dari seluruh FIM Jalan Racing Kejuaraan Dunia Grand Prix aturan
dan kode dapat diperoleh dari situs resmi FIM dengan mengklik di
sini , sedangkan
di bawah Anda akan menemukan beberapa contoh dari beberapa peraturan yang
paling penting.
Melanggar
peraturan di jalur dan / atau mengabaikan instruksi bendera dapat mengakibatkan
berbagai hukuman untuk pengendara tergantung pada keseriusan pelanggaran,
yaitu: peringatan, denda, naik melalui denda, perubahan posisi ras, hukuman
waktu, diskualifikasi, penarikan titik Championship , suspensi atau pengecualian.
RIDE MELALUI PROSEDUR
Ride Melalui
Prosedur penalti bisa dikenakan pada pengendara jika, misalnya, dia melompat
dan mulai meninggalkan posisinya mulai sebelum lampu merah pergi untuk sinyal
perlombaan telah dimulai.
Selama
perlombaan, pengendara akan diminta untuk naik melalui pit lane dan kemudian
dapat bergabung kembali pesaing sesama jalur. Menghentikan tidak diperkenankan
dan pengendara harus menghormati 60 km / jam batas kecepatan di pit lane. Dalam
kasus pelanggaran dari batas kecepatan, perjalanan melalui prosedur akan
diulangi dan dalam kasus pelanggaran kedua ini batas kecepatan, diskualifikasi
bendera hitam menandakan akan ditampilkan kepada pengendara.
Setelah
pemberitahuan telah dilakukan untuk tim pengendara yang naik melalui penalti
dipaksakan, papan kuning menampilkan nomor pengendara 'akan ditampilkan di
garis finish dan informasi juga akan ditampilkan pada monitor ketepatan waktu.
Kegagalan oleh pengendara yang relevan untuk naik melalui, yang telah
ditunjukkan papan lima kali, akan mengakibatkan bahwa pengendara yang
ditampilkan bendera hitam.
Dalam hal
organisasi ras belum mampu melakukan perjalanan melalui penalti sebelum akhir
balapan, pembalap yang relevan akan ditimbulkan dengan hukuman waktu 20 detik.
BASAH & KERING Races
Semua ras
yang dikategorikan sebagai basah atau kering dengan Race Direction (terdiri
dari perwakilan dari FIM, Dorna dan IRTA) sebelum mereka mulai. Sebuah dewan
dapat ditampilkan pada grid untuk menunjukkan status dari perlombaan. Jika
dewan tidak ditampilkan, perlombaan ini secara otomatis kering. Tujuan dari
klasifikasi ini adalah untuk menunjukkan kepada pengendara akibat dari berbagai
kondisi iklim selama perlombaan yang tentu saja mempengaruhi pilihan mereka
ban.
Sebuah
bendera putih yang melambai di pos marshal bendera saat balapan menunjukkan
bahwa Race Direction telah memutuskan untuk mendeklarasikan balapan basah
setelah itu awalnya dinyatakan kering. Dalam hal ini pengendara dapat mengubah
sepeda pertengahan balapan dengan yang dilengkapi dengan ban basah, meskipun
sejauh ini yang telah diperkenalkan pada tahun 2005 aturan bendera putih hanya
telah diberlakukan tiga kali.
Contoh pertama di GP Portugal pada tahun 2005
terjadi terlambat dalam lomba bahwa pengendara sepeda kering tinggal mereka,
tetapi pada Grand Prix Australia di Phillip Island pada tahun 2006 dan di Le
Mans pada tahun 2007 hujan turun lebih awal dan cukup berat untuk menjamin
perubahan sepeda yang menyebabkan pemandangan dramatis dari grid MotoGP seluruh
memasuki pit lane pertengahan balapan untuk swap mesin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar